Minggu, Mei 18, 2014
0
Diantara Langkah atau Metode Ta'aruf/Perkenalan Dengan Calon Pasangan Sebelum Pernikahan

Penanya : Ikhwan
Daerah Asal : Bekasi

assalamu'alaikum ustadz.

Ana mau tanya tentang bagaimana cara perkenalan antara ikhwan dan akhwat secara syar'i..
Syukron.!

Jawab :

وعليكم السلام ورحمة الله وبركاته

Diantara langkah yang tidak menyelisihi syariat dalam ta'aruf/perkenalan dengan calon pasangan sebelum pernikahan adalah:

1. Seorang Muslim memperkenalkan diri kepada seseorang yang akan menjadi perantara antara dia dan dan muslimah yang ingin ia nikahi, dan ia menyatakan keinginan menikah kepadanya.

Perantara bisa seorang mahram dari muslimah tersebut (seperti ayah, saudara laki-laki, atau paman perempuan tersebut), dan bisa juga teman wanita dari muslimah yang ingin dinikahi, akan tetapi, teman wanita itu berhubungan dengan muslim yang ingin menikah melalui mahram teman wanita itu.

2. Ketika sudah ada perantara Antara Muslim dan Muslimah calon pengantin, maka keduanya bisa bertukar biodata masing-masing melalui perantara, dengan harapan, itu bisa memberikan gambaran secara umum tentang jati diri satu pihak ke pihak lainnya.

3. Untuk mengetahui lebih dalam tentang pribadi yang ingin dikenal maka kedua belah pihak diperbolehkan untuk menyelidiki prilaku, akhlaq dan track record calon pasangannya secara sembunyi-sembunyi dari sumber-sumber yang kesaksiannya bisa dipertanggung-jawabkan.

4. Untuk mengetahui fisik calon pasangan, maka seseorang bisa minta ketemu secara langsung di tempat tertentu dan si muslimah harus ditemani oleh mahram wanita tersebut, sehingga tidak terjadi khalwat.. Bisa juga seseorang melihat calon pasangannya secara sembunyi-sembunyi dalam batasan tertentu yang boleh dilihat dari lawan jenis yang ingin dinikahi.

Untuk mencegah hal-hal yang tidak diinginkan di kemudian hari, maka sebaiknya kedua belah pihak sudah mengikut-sertakan keluarga sejak proses awal. Paling tidak, mereka tahu langkah-langkah yang ditempuh kedua calon yang akan menikah.

والله تعالى أعلم بالحق والصواب



Artikel Salam Dakwah

0 komentar:

Posting Komentar